CeritaKu

Senin, 21 Januari 2013

RPP Akidah Akhlak MTs.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama sekolah                      : MTs. Minat
Mata pelajaran                     : Akidah Akhlak
Kelas/semester                     : VII/II
Waktu                                    : 2x40 Menit

A.  Standar Kompetensi
Memahami al-asmaul husna
B.  Kompetensi Dasar
Menguraikan 10 asmaul husna (al-aziz, al qgaffar, al basith, an nafi', ar rauuf, al barr, al khakim, al Fattah, al adl, al qayum,)
C.  Indikator Pencapaian Hasil Belajar
§ Dapat menghafal sepuluh asmaul husna dan terjemahnya
§ Dapat menjelaskan 10 asmaul husna
D.  Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan pembelajaran siswa diharapkan mamapu:
·    Dapat menyebutkan 10 asmaul husna (al aziz., al barru, ar roofi, ar rouf, al ghoffar, al ma'ani, al Fattah, al 'adl, al qayum)
·    Dapat menjelaskan  10 asmaul husna (al aziz., al barru, ar roofi, ar rouf, al ghoffar, al ma'ani, al Fattah, al 'adl, al qayum).
E.   Materi Ajar/Materi Pokok
§ Asmaul Husna
Adalah nama-nama, sebutan, gelar Allah Swt. Yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan keagungan Allah Swt.
§ Asmaul Husna ada 99, namun yang kita pelajari hanya sepuluh. Yaitu: al- aziz, al- ghafar, al- basith, an- nafi', ar- rauf, al barr, al khakim, al fatah, al' adl, al qayum,)

F.   Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Metode kisah qur'ani
§ Tanya jawab
H.  Langkah-langakah Pembelajaran
v Kegiatan pendahuluan
§ Apersepsi
-     guru memberi salam (religius)
-     guru menjelaskan secara singkat materi yang akan diajarkan denga kompetensi dasar yang akan dicapai (tanggung jawab)
-     mengemukakakn tujuan pembelajaran yaitu tentang asmaul husna (an-Nafi' dan ar- rauuf)
-     memberi pertanyaan sebagai pre-tes tentang pelajaran minggu lalu dan memberi pertanyaan tentang materi yang akan dipelajari sehingga guru tahu sejauh mana siswa tahu tentang asmaul husna yaitu an- nafi' dan ar-rauuf. (komunikatif)
-     peserta menyiapkan buku (tanggung jawab)
§ Motifasi
Memberi informasi tentang  asmaul husnauntuk menumbuhkan keimanan dalam hati dan meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt. 
v Kegiatan inti
§ Eksplorasi
Guru menjelaskan pengertian asmaul husna
Guru membacakan dalil yang menjelaskan asma allah
§ Elaborasi
Peserta didik menirukan bacaan  dalil tentang asmaul husna  secara bersama-sama(percaya diri)
Guru memperhatikan bacaan peserta didik serta membetulkan jika masih ada peserta didik yang salah melafadzkannya (tanggung jawab)

§ Konfirmasi
Guru mengulas hasil materi yang telah dipelajari (tanggung jawab)
Guru menyimpulkan materi  yang telah dipelajarai (tanggung jawab)
v Kegiatan peutup
Guru meminta peserta didik  sekali lagi membacakan dalil dalil tentang an-nafi' dan aar-rauuf.
I.    Bahan/Sumber Belajar
Buku paket Akidah akhlak untuk tsanawiyah kelas VII
Al qur'an dan terjemahnya.
J.    Penilaian/Evaluasi
-Tes lisan
-tes tertulis
Lembar penilaian
soal
1.   Apa pengertian asmaul husna
2.   Sebutkan dalil pembuktian bahwa Allah mempunyai sifat al aziz

      Kunci jawab
1.   Adalah nama-nama, sebutan, gelar, Allah swt, yang baik dan agung, sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan keagungan Allahswt.
      2.            QS. As- sajdah ayat 4







  
NO
      Nama peserta didik
                   Kemampuan siswa

1
2
3
4
1





2





3





4





5






Ket:
1.  membaca dengan lancer dan dapat menerjemahkan                80-90          A
2.  membaca lancer kurang bias menerjemahkan                          70-80          B
3.  membaca terbata-bata dan baik dalam menerjemahkan          60-70          C
4.  hanya dapat menerjemahkan                                                   50-59          D

 Kesugihan, 14 january 2012
MENGETAHUI

Guru Pamong                                                  Mahasiswa Praktikum


(Hj. Haizah Mu'arofuddin)                                             (Khusnul Khotimah)
DPL
(Drs. Musa Ahmad, MSi)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Nama