RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
RPP
Nama sekolah : MTs. Minat
Mata pelajaran : Akidah Akhlak
Kelas/semester : VII/II
Waktu :
2x40 Menit
A. Standar Kompetensi
Memahami al-asmaul husna
B. Kompetensi Dasar
Menguraikan 10 asmaul husna
(al-aziz, al qgaffar, al basith, an nafi', ar rauuf, al barr, al khakim, al
Fattah, al adl, al qayum,)
C. Indikator Pencapaian Hasil Belajar
§ Dapat
menghafal sepuluh asmaul husna dan terjemahnya
§ Dapat menjelaskan 10 asmaul husna
D. Tujuan Pembelajaran
Setelah melakukan
pembelajaran siswa diharapkan mamapu:
· Dapat
menyebutkan 10 asmaul husna (al aziz., al barru, ar roofi, ar rouf, al ghoffar,
al ma'ani, al Fattah, al 'adl, al qayum)
· Dapat menjelaskan 10 asmaul husna (al aziz., al barru, ar
roofi, ar rouf, al ghoffar, al ma'ani, al Fattah, al 'adl, al qayum).
E. Materi Ajar/Materi Pokok
§ Asmaul Husna
Adalah nama-nama, sebutan,
gelar Allah Swt. Yang baik dan agung sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama
Allah yang agung dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam
kebesaran dan keagungan Allah Swt.
§ Asmaul Husna ada 99, namun yang kita pelajari hanya sepuluh.
Yaitu: al- aziz, al- ghafar, al- basith, an- nafi', ar- rauf, al barr, al
khakim, al fatah, al' adl, al qayum,)
F. Metode Pembelajaran
§ Ceramah
§ Metode kisah qur'ani
§ Tanya jawab
H. Langkah-langakah Pembelajaran
v Kegiatan
pendahuluan
§ Apersepsi
- guru memberi salam (religius)
- guru menjelaskan secara singkat materi
yang akan diajarkan denga kompetensi dasar yang akan dicapai (tanggung jawab)
- mengemukakakn tujuan pembelajaran yaitu
tentang asmaul husna (an-Nafi' dan ar- rauuf)
- memberi pertanyaan sebagai pre-tes tentang
pelajaran minggu lalu dan memberi pertanyaan tentang materi yang akan
dipelajari sehingga guru tahu sejauh mana siswa tahu tentang asmaul husna yaitu
an- nafi' dan ar-rauuf. (komunikatif)
- peserta menyiapkan buku (tanggung jawab)
§ Motifasi
Memberi informasi
tentang asmaul husnauntuk menumbuhkan
keimanan dalam hati dan meningkatkan ketaatan kepada Allah Swt.
v Kegiatan
inti
§ Eksplorasi
Guru menjelaskan pengertian
asmaul husna
Guru membacakan dalil yang
menjelaskan asma allah
§ Elaborasi
Peserta didik menirukan
bacaan dalil tentang asmaul husna secara bersama-sama(percaya diri)
Guru memperhatikan bacaan
peserta didik serta membetulkan jika masih ada peserta didik yang salah
melafadzkannya (tanggung jawab)
§ Konfirmasi
Guru mengulas hasil materi
yang telah dipelajari (tanggung jawab)
Guru menyimpulkan
materi yang telah dipelajarai (tanggung
jawab)
v Kegiatan
peutup
Guru meminta peserta didik sekali lagi membacakan dalil dalil tentang
an-nafi' dan aar-rauuf.
I. Bahan/Sumber Belajar
Buku paket Akidah akhlak
untuk tsanawiyah kelas VII
Al qur'an dan terjemahnya.
J. Penilaian/Evaluasi
-Tes lisan
-tes tertulis
Lembar penilaian
soal
1. Apa pengertian asmaul husna
2. Sebutkan dalil pembuktian bahwa Allah
mempunyai sifat al aziz
Kunci jawab
1. Adalah nama-nama, sebutan, gelar, Allah swt,
yang baik dan agung, sesuai dengan sifat-sifat-Nya. Nama-nama Allah yang agung
dan mulia itu merupakan suatu kesatuan yang menyatu dalam kebesaran dan
keagungan Allahswt.
2.
QS.
As- sajdah ayat 4
NO
|
|
||||||||||||||
1
|
|
|
|
|
|
||||||||||
2
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3
|
|
|
|
|
|
||||||||||
4
|
|
|
|
|
|
||||||||||
5
|
|
|
|
|
|
Ket:
1. membaca dengan lancer
dan dapat menerjemahkan 80-90 A
2. membaca lancer kurang
bias menerjemahkan 70-80 B
3. membaca terbata-bata
dan baik dalam menerjemahkan 60-70 C
4. hanya dapat
menerjemahkan 50-59 D
Kesugihan, 14 january
2012
MENGETAHUI
Guru
Pamong Mahasiswa
Praktikum
(Hj. Haizah
Mu'arofuddin)
(Khusnul Khotimah)
DPL
(Drs. Musa Ahmad, MSi)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Nama